Botok Tawon Banyuwangi

Add Comment
Botok Tawon Banyuwangi -  Mengkonsumsi madu yang dihasilkan dari tawon rasanya sudah biasa namun akan menjadi unik jika yang menjadi santapan untuk kuliner kali ini adalah tawonnya sendiri, ya menu masakan yang satu ini merupakan makanan khas jawa timur yang di masak dalam bentuk botok.



Kali ini kita akan membahas salah satu wilayah jawa timur yang menjajakan menu botok tawon, kuliner ini bisa Anda temukan di warung sederhana milik Bu Misnah, di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Botok Tawon Banyuwangi

Dalam pembuatannya bukan hanya tawonnya saja yang di masak namun juga sarangnya Botok tawon buatan Bu Misnah ini memiliki paduan rasa unik, 5 rasa sekaligus, Yakni gurih, manis, pedas, asam, dan asin.

Cara mengolahnya cukup praktis. Irisan sarang dan anak lebah dimasukan pincukan daun pisang, lalu disiram air bumbu adonan lombok, gula merah, asem, tomat, dan bawang merah. Kemudian direbus dalam dandang.

Warung Bu Misnah masih mempertahankan dapur kayu untuk memasak. Jika daun pisang layu kecoklatan, pertanda botok tawon telah matang dan siap disajikan. 1 porsi menu botok tawon harganya bervariasi, antara Rp 5.000 hingga Rp 19.000 tergantung lauk pauk yang dipilih.

Botok Tawon Banyuwangi diyakini memiliki khasiat diantaranya :

  • Mengatasi alergi pada obat antibiotik, untuk mengatasi alergi tersebut dibutuhkan larva tawon yang mengandung royal jelly dan biasanya larva tersebut terdapat dalam botok tawon Mengatasi Demam
  • Mengatasi Diare pada anak
  • Mengatasi penyakit asma
  • Meningkatkan stamina
  • Meningkatkan kesuburan Pria dan Wanita
  • Mengatasi kista pada wanita(Hanya di Indonesia)

Nasi Kentut Medan

Add Comment
Nasi Kentut Medan - Nasi Kentut, merupakan Makanan Unik Khas  Medan untuk menu yang satu ini  jangan dibayangkan dulu yah karena sebenarnya tidak ada hubungannya antara bau kentut dengan menu makanan yang satu ini.

Nasi Kentut Medan

Makanan Nasi Kentut biasanya dinikmati dengan aneka lauk seperti  ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe goreng. Dan sebagai pelengkapnya biasanya di tambahkan  sambal terasi, sambal goreng, sambal hijau dan pilihan sambal yang lain.



Untuk satu porsi Nasi Kentut, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5 ribu hingga Rp 12 ribu saja. Sangat pas untuk Anda yang ingin melakukan jalan-jalan kuliner mencicipi makanan yang unik namun dengan harga yang terjangkau.

Lalu kenapa “Kentut” ? penasaran ? inilah jawabannya Nasi Kentut ini sebenarnya hanya nasi biasa pada umumnya  yang diolah dengan  berbagai rempah-rempah dan ditambahkan dengan daun sehingga bercita rasa gurih , daun inilah yang disebut oleh masyarakat setempat  sebagai daun kentut. Dalam penyajiannya daun kentut ada yang di olah bersamaan dengan nasi ada pula yang diolah bersamaan dengan lauknya. Yang pasti daun kentut ini justru menghasilkan aroma yang sangat menggugah selera makan Anda.



Daun kentut sendiri merupakan tanaman obat yang tumbuh liar, namun memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah melancarkan pencernaan.

Daun kentut juga kadang digunakan sebagai lalapan atau makanan yang dicampur dengan berbagai lauk atau dimasak menjadi santapan kuliner yang memiliki cita rasa tinggi.(Hanya di Indonesia)

Mengenal Pahlawan dari Lembaran Uang Kertas

Add Comment
Mengenal Pahlawan dari Lembaran Uang Kertas - Seringkali kita semua memiliki banyak uang, namun kita tidak pernah melirik gambar-gambar yang ada di lembaran uang kertas rupiah. Dan ternyata di dalam gambar mata uang kita ada nama pahlawan RI yang patut kita kenang sepanjang masa dan kita kenal dari mana asalnya.

Pattimura (Uang Seibu Rupiah)

Lebih dikenal dengan nama Thomas Matulessy lahir di Haria pulau Saparua Maluku tahun 1783. Didalam masa hidupnya sempat mengalami pergantian masa pemerintahan dari Belanda ke tangan Inggris ditahun 1798. Lalu pada masa pemerintahan Inggris, Patimura ikut milite dan memperoleh pangkat sersan.

Thomas Matulessy diangkat menjadi pemimpin guna melawan Belanda dengan gelar Kapitan Pattimura. Dengan kepemimpinannya maka berhasil merebut benteng Duurstede pada tahun 1817. Semua pasukan Belanda yang berada didalam benteng itu termasuk Residen Van den Berg, tewas. Namun Belanda mengirim pasukan yang lebih besar lagi dengan persenjataan yang lengkap dan benteng Duurstede berhasil di ambil alih lagi oleh Belanda. Dan Belanda kembali menyerang balik dengan secara besar-besaran. Dikarenakan perlawanan tidak seimbang maka Kapitan Pattimura tertangkap pada saat berada disebuah rumah rekannya berikut beberapa temannya. Lalu Kapitan Pattimura dibawa ke Ambon dan Belanda membujuk untuk bekerjasama, namun bujukan itu ditolak.

Akhirnya kolonial Belanda memutuskan untuk menjatuhi hukuman gantung kepada Pattimura. Sebelum digantung Belanda kembali membujuk Pattimura untuk bergabung bekerjasama, tapi ditolak lagi. Dan pada hari Selasa 16 Desember 1817 Pattiura dihukum gantung didepan benteng Victoria di Ambon.

Betama gigihnya semangat dan tekad Kapitan Pattimura terdahap demi membela daerahnya dan bangsanya.

Pangeran Antasari  (Uang Dua Ribu Rupiah)

Pangeran Antasari telah dianugerahi gelar sebagai Pahlawan Nasional dan Kemerdekaan oleh pemerintah Republik Indonesia berdasarkan SK NO. 06/TK/1968 di Jakarta, tertanggal 27 Maret 1968. Nama Antasari diabadikan pada Korem 101/Antasari dan Julukan dari Kalamantan Selatan yaitu Bumi Antasari. Kemudian untuk lebih mengenalkan Pangeran Antasari kepada masyarakat nasional. Pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) telah mencetak dan mengabadikan nama dan gambar Pangeran Antasari dalam kertas nominal Rp. 2.000

Tuanku Imam Bonjol (Uang Lima Ribu Rupiah)

Nama aslinya adalah Muhammad Sahab yang dikenal dengan nama Tuanku Imam Bonjol. Ia lahir di Tanjug Bunga Sumatera Barat di tahun 1772.

Ia banyak belajar soal agama dari orang-orang ulama di Sumatera Barat dan akhirnya ia menjadi seorang guru agama di Bonjol. Sebagai tokoh ia cukup disegani. Disini ia menyebarkan paham Paderi.

Di tahun 1821 Belanda dengan bala bantuanyannya menyerang kaum Paderi untuk menguasa daerah Sumatera Barat. Tuanku Imam Bonjol memimpin pertarungan ini dan akhirnya Belanda kewalahan dan terpaksa mengadakan perjanjian Masang tahun 1824 yanng mengakui bahwa Tuanku Imam Bonjol sebagai penguasa daerah Alahan Panjang. Namun perjanjian ini dilanggar oleh Belanda dan peperangan kembali berkorbar.

Kurang lebih tiga tahun kemudian Belanda mengepung dan Bonjol kembali direbut tangan Belanda. Tgl 16 Agusutus 1837. Tuanku Imam Bonjol berhasil meloloskan diri dan berjuan ditempat lain.

Tahun 1837 Tuanku Imam Bonjol diundang untuk perundingan, namun taktik licik Belanda ini berhasil menangkap Tuanku Imam Bonjol dan dibuang ke Cianjur Jawa Barat, lalu ke Ambon dan berakhir di Lotan dekat Manado. Ditempat inilah Tuanku Imam Bonjol meninggal dunia pada tgl 8 Nopember 1864 dan dimakamkan disana.

Sultan Badarudin (Uang Dua Puluh Ribu Rupiah)

Sultan Mahmud Badaruddin II (l: Palembang, 1767, w: Ternate, 26 November 1862) adalah pemimpin kesultanan Palembang-Darussalam (1803-1819), setelah masa pemerintahan ayahnya, Sultan Mahmud Badaruddin.

Dalam masa pemerintahannya, ia beberapa kali memimpin pertempuran melawan Britania dan Belanda, diantaranya yang disebut Perang Menteng. Tahun 1821, ketika Belanda secara resmi berkuasa di Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin II ditangkap dan diasingkan ke Ternate.

Namanya kini diabadikan sebagai nama bandara internasional di Palembang, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Mata uang rupiah pecahan 10.000-an yang dikeluarkan pada 20 Oktober 2005 menggunakan Sultan Mahmud Badaruddin II sebagai gambar hiasannya. Penggunaan gambar ini sempat menjadi kasus pelanggaran hak cipta, karena gambar tersebut digunakan tanpa izin pelukisnya.

Sejak timah ditemukan di Bangka pada pertengahan abad ke-18, Palembang dan wilayahnya menjadi incaran Britania dan Belanda. Berdalih menjalin kontrak dagang, bangsa Eropa ini berniat menguasai Palembang. Awal bercokolnya penjajahan bangsa Eropa biasanya ditandai dengan penempatan loji (kantor dagang). Di Palembang, loji pertama Belanda dibangun pada tahun 1742 di tepi Sungai Aur (10 Ulu).

Orang Eropa pertama yang dihadapi Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) adalah Sir Thomas Stamford Raffles. Raffles tahu persis tabiat Sultan Palembang ini. Karena itu, Raffles sangat menaruh hormat di samping ada kekhawatiran sebagaimana tertuang dalam laporan kepada atasannya, Lord Minto, tanggal 15 Desember 1810:

Sultan Palembang adalah salah seorang pangeran Melayu yang terkaya dan benar apa yang dikatakan bahwa gudangnya penuh dengan dollar dan emas yang telah ditimbun oleh para leluhurnya. Saya anggap inilah yang merupakan satu pokok yang penting untuk menghalangi Daendels memanfaatkan pengadaan sumber yang besar tersebut.

I Gusti Ngurah Rai (Uang Lima Puluh Ribu Rupiah)

Letnan Kolonel I Gusti Ngurah Rai (Desa Carangsari, Kabupaten Badung, 30 Januari 1917 meninggal di Margarana, 20 November 1946) beliau adalah seorang pahlawan Indonesia dari Kabupaten Badung, Bali.

Beliau memiliki pasukan yang bernama “Ciung Wenara” melakukan pertempuran terakhir yang dikenal dengan nama Puputan Margarana. (Puputan, dalam bahasa bali berarti “habis-habisan”, sedangkan Margarana adalah daerah terjadinya perang besar tersebut)

Bersama 1.372 anggotanya pejuang MBO (Markas Besar Oemoem) Dewan Perjoeangan Republik Indonesia Sunda Kecil (DPRI SK) dibuatkan nisan di Kompleks Monumen de Kleine Sunda Einlanden, Candi Marga, Tabanan. Detil perjuangan I Gusti Ngurah Rai dan resimen CW dapat disimak dari beberapa buku, seperti “Bergerilya Bersama Ngurah Rai” (Denpasar: BP, 1994) kesaksian salah seorang staf MBO DPRI SK, I Gusti Bagus Meraku Tirtayasa peraih “Anugrah Jurnalistik Harkitnas 1993″, buku “Orang-orang di Sekitar Pak Rai: Cerita Para Sahabat Pahlawan Nasional Brigjen TNI (anumerta) I Gusti Ngurah Rai” (Denpasar: Upada Sastra, 1995), atau buku “Puputan Margarana Tanggal 20 Nopember 1946″ yang disusun oleh Wayan Djegug A Giri (Denpasar: YKP, 1990).

Pemerintah Indonesia menganugerahkan Bintang Mahaputra dan kenaikan pangkat menjadi Brigjen TNI (anumerta). Namanya kemudian diabadikan dalam nama bandar udara di Bali, Bandara Ngurah Rai.

Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta (Uang Seratus Ribu Rupiah)



Ir. Soekarno1 (lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 – wafat di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun) adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945 – 1966. Ia memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah penggali Pancasila. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.(Hanya di Indonesia)

Tempoyak, Durian Fermentasi

Add Comment
Tempoyak, Durian Fermentasi - Tempoyak dikenal di Indonesia (terutama di Palembang Sumatera dan Kalimantan), serta Malaysia. Tempoyak juga dapat dimakan langsung (hal ini jarang sekali dilakukan, karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri). Selain itu, tempoyak lebih sering dijadikan bumbu masakan.

Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk teman nasi. Adonan tempoyak dibuat dengan cara menyiapkan daging durian, baik durian lokal atau maupun durian monthong (kurang bagus karena terlalu banyak mengandung gas dan air).



Durian yang dipilih diusahakan agar yang sudah masak benar, biasanya yang sudah nampak berair. Kemudian daging durian dipisahkan dari bijinya, setelah itu diberi sedikit garam. Setelah selesai, lalu ditambah dengan cabe rawit yang bisa mempercepat proses fermentasi. Namun proses fermentasi tidak bisa terlalu lama karena akan memengaruhi rasa akhir.

Setelah proses di atas selesai, adonan disimpan dalam tempat yang tertutup rapat. Diusahakan untuk disimpan dalam suhu ruangan. Bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas (bukan freezer-nya) namun fermentasi akan berjalan lebih lambat.

Tempoyak yang berumur 3-5 hari cocok untuk dibuat sambal karena sudah asam namun masih ada rasa manisnya. Sambal tempoyak biasanya dipadukan dengan ikan Teri, ikan mas, ikan mujair ataupun ikan-ikan lainnya. Hanya di Indonesia akan memberikan tips membuat tempoyak khusus untuk anda pecinta kuliner.

Resep Tempoyak

Bahan Tempoyak


  • 1 buah ikan patin segar, bersihkan, belah 2 bagian
  • 2 batang serai dikeprak
  • 2 lembar daun salam
  • 6 cm laos, dikeprak bagi 2
  • 4 lembar daun pisang untuk pembungkus ( 1 bagian ikan dibungkus 2 lembar)
  • 4 buah tusuk sate kecil/lidi/tusuk gigi (bisa juga menggunakan penusuk yang lain)
  • Tempoyak


Haluskan Bahan Tempoyak


  • 10 buah cabe merah + 5 buah cabe rawit
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 6 butir bawang merah
  • 1 butir bawang putih
  • Garam, gula, vetsin, sedikit saja.

Cara Membuat Tempoyak


  • Haluskan bahan-bahan di atas (kalau mau, laos dihaluskan juga boleh), lalu ambil sedikit tempoyak yang sudah jadi, campurkan dengan bumbu halus itu.
  • Cicip, sudah pas atau tidak, manis dan asinnya (pasti asamnya sudah pas karena dari tempoyaknya)
  • Ambil 2 lembar daun (godong) untuk membungkus, taruh bumbu halus, lalu taruh 1 bagian ikan, lumuri lagi ikan dengan bumbu, beri 1 batang serai, 1 lbr salam, lalu bungkus dan sematkan lidi.
  • Lakukan hal yang sama dengan 1 bagian ikan yang lain, jadi bumbu halusnya dibagi 2 saja.
  • Diamkan semalaman di kulkas, besoknya, dikukus sampai matang +/- 20 menit, api sedang, lalu taruh di teflon, panggang sebentar saja, agar kering, siap dihidangkan.

Selamat mencoba sobat HanyadiIndonesia..!!!(Hanya di Indonesia)

Tukang yang Hanya Ada di Indonesia

Add Comment
Tukang yang Hanya Ada di Indonesia - Katanya tingkat pengangguran di Indonesia cukup tinggi. Tapi menurut kita itu bukanlah hal yang harus dipusingin. Kenapa? Karena orang Indonesia selalu punya akal untuk keluar dari masalah. Orang Indonesia bisa menciptakan peluang usaha yang mungkin gak kepikiran sebelumnya. Ini adalah salah satu aset yang terduga yang di miliki bangsa ini.  Dan berikut ini adalah beberapa bidang usaha yang cuma bisa kamu temui di Indonesia. Catatan, beberapa bidang usaha mungkin sudah sulit buat dijumpai dewasa ini.

Tukang Tambal Ban
Sebagai pengendara, kamu harusnya bersyukur hidup di Indonesia. Kenapa? karena segala kesulitan kamu di tengah jalan bisa terpecahkan. Misalnya tiba-tiba ban mobil atau motor kamu bocor, maka kamu bisa dengan lumayan mudah menemukan tukang tambal ban mobil di pinggir jalan. Dan masalah kamu pun akhirnya terselesaikan, tanpa harus kamu repot-repot ganti ban sendiri.

Tukang Tebar Paku
Ini sebenernya bidang usaha yang ngeselin sih. Tapi setidaknya menjelaskan kalau orang Indonesia itu kreatif banget nyari duitnya.

Tukang Ojek Payung
Banyak yang orang salahkan dari kehadiran hujan.  Padahal orang bijak pernah bilang, sedia payung sebelum hujan. Namun orang tetep aja gak mau belajar, jadi deh suka kesusahan kalau hujan datang. Tapi gak semua orang kok gak mau belajar, beberapa orang bahkan bisa memanfaatkan momentum ini buat mencari uang. Caranya dengan menjual jasa ojek payung.

Tukang Jualan Anjing di Pinggir Jalan
Biasanya orang kalau mau beli binatang peliharaan macam ajang itu kan dateng ke tempat penjualannya atau perternakannya. Tapi karena emang dasar otak jualan orang Indonesia itu sangat brilian (atau agak aneh ya) maka penjual pun turun ke jalan dan menjajakan dagangannya secara langsung. Dengan harapan barang yang dijualain, dalam hal ini anjing bisa cepet laku. Mungkin yang ada dipikiran tukang jualan anjing di pinggir jalan itu adalah kalau orang lagi stress macet-macetan di jalan, trus pas liat ada yang jualan anjing jadi pengen langsung beli dan stressnya pun hilang.

Tukang Timbangan Keliling
Ini udah sangat sulit banget ditemuin dewasa ini. Tapi jelas ini suatu bidang usaha yang cukup jenius. Karena orang yang ngejual jasa ini tau betul kalau gak semua rumah punya timbangan, makanya doi pun sangat gigih keliling komplek, perumahan, atau perkampungan ngebawa timbangan, dengan harapan ada orang yang penasaran sama berat badannya.

Tukang Kopi Keliling
Disaat kopi sedang menjadi trend, beberapa orang memilih untuk menjajakan kopi secara keliling. Yang kita maksud bukan orang jualan kopi saset keliling perumahan, komplek, atau perkampungan gitu loh, tapi yang ini http://kopikeliling.com

Tukang Kredit
Ini bukan tukang kredit yang nawarin pinjaman uang atau kreditan motor/mobil ya. Melainkan tukang jualan baju atau barang-barang rumah tangga yang suka dateng ke perkampungan gitu. Kalau kamu pernah nonton sinetron Si Doel Anak Sekolahan, kamu pasti tau sama karakter Kang Mamang yang suka dateng ke rumah Si Doel buat nagihin kreditan dari barang yang udah dibeli secara kredit sama keluarga Si Doel.

Tukang Gigi
Jasa buat perbaikan gigi di dokter gigi itu ajegile mahalnya. Tapi karena kebutuhan buat memperbaiki gigi ini lumayan tinggi, akhirnya beberapa orang yang ntah dapet gelar dokter dari mana? membuka praktik reparasi gigi dengan label Tukang Gigi. Jasa yang ditawarin biasanya hanya meliputi pemasangan gigi palsu dan kawat gigi. Lumayan kan, gigi bagus tapi gak perlu ngeluarin uang gede. Tapi ya gitu, efek samping tanggung sendiri.

Tukang Kapuk
Udah lumayan susah juga ditemuin nih. Suka kelilingan komplek, perumahan, atau perkampungan cuma nawarin jasa jual kapuk buat bantal, guling, sampai kasur. Harusnya sih jasa si tukang kapuk sangat berguna buat orang-orang yang bantal, guling, dan kasurnya yang udah mulai kempes tapi gak punya bajet lebih buat beli yang baru. Atau bisa juga berguna buat orang yang punya bantal, guling, dan kasur kesayangan gitu.

Tukang Abu Gosok
Kalau kamu ke perkampungan gitu, masih ada loh orang yang nyuci piring pake abu gosok. Alasannya sih biar lebih bersih, dan abu gosok jauh dari hal kimia. Nah, karena buat dapetin abu gosok ini lumayan ribet, maka hadirlah tukang abu gosok yang dengan setia berkeliling perkampungan.

Tukang Vermak Jeans Keliling
Salah satu hal yang ngeselin jadi orang Indonesia adalah postur tubuh yang gak begitu tinggi. Kenapa? karena beberapa jeans keren itu dengan seenaknya menjual barang di negara kita tapi gak ngeliat ukuran badan kita. Alhasil, jeans yang kita beli suka kepanjangan. Tapi tenang, masalah kamu bisa segera teratasi dengan kehadiran tukang vermak jeans keliling. Oiya, kalau kamu ada jeans kebanggaan yang udah mulai bolong juga bisa dibenerin sama si tukang vermak.

Tukang Sol Sepatu Keliling
Kualitas sepatu sekarang agak sedikit kurang bagus. Ada sih yang kualitasnya bagus, tapi harganya selangit. Ya kali deh sepatu yang notabene buat diinjek harganya 1juta? Nah, karena kualitas yang kurang bagus ini, maka sepatu yang kamu beli jadi gampang rusak. Sebenernya hal ini juga bisa terjadi karena kondisi jalanan di Indonesia yang jelek juga. Kalau sepatu kamu rusak padahal belinya baru beberapa bulan, itu kan malesin banget ya. Masa harus ngeluarin uang lagi buat beli baru? Makanya hadirlah tukang sol sepatu keliling yang siap mereparasi sepatu kamu. Emang sih di Mall juga ada tuh yang nawarin perbaikan sepatu. Tapi harganya bisa dua kali lipat dari tukang sol sepatu keliling. Pilih mana?

Tukang Isi Gas Korek
Korek api gas itu bentuknya sangat beragam. Makanya beberapa orang ada yang ngoleksi korek api gas. Tapi masa sih kamu koleksi korek api gas tapi gak bisa dipake? Trus pasti kan kamu pengen pamer kalau kamu punya korek api gas yang keren. Tapi masa korek api gas gak ada isinya? Nah karena itulah kamu harus terus ngisi gas korek api gas kamu. Caranya gimana? Serahin aja ke tukang isi gas korek. Kalau korek gas keren kamu udah keisi, sekarang tinggal cari cara biar gak dicuri temen kamu.

Tukang Patri Panci
Jaman saya anak-anak dulu ibu sering banget tambal panci karena biasanya setelah habis dipatri beberapa bulan kemudian harus dipatri lagi, soalnya bocornya jadi pindah yang tadinya dikanan sekarang jadi dikiri xixixixi mungkin karena bahan panci yang tipis jadi lebih mudah bocor ya? Jaman dahulu ibu-ibu rumah tangga kebanyakan memiliki panci, wajan atau dandang yang berbahan almunium.



Kalau jaman sekarang panci kebanyakan terbuat dari teflon atau stenlis, lebih tebal dan lebih awet rasanya panci, wajan atau dandang yang berbahan teflon atau stenlis sangat jarang banget bocornya.

(Hanya di Indonesia)

Mahasiswa IPB Buat Gula dari Kulit Singkong

Add Comment
Mahasiswa IPB Buat Gula dari Kulit Singkong -  Sebanyak empat mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor memelopori inovasi pembuatan gula cair dari bahan baku kulit singkong. Keempat mahasiswa tersebut berasal dari Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB.

"Gula cair dari kulit singkong mengandung energi lebih rendah yakni kurang dari sepertiga dari energi yang terdapat dalam gula pasir," kata Farauq Arrahman, satu dari empat mahasiswa pelopor pembuatan gula cair dari kulit singkong di Bogor, Kamis (3/9).



Farauq mengatakan, inovasi gula cair berbahan kulit singkong dikerjakan bersama tiga teman lainnya yakni, Galih Nugraha, Putri Vionita, dan Abdul Aziz. Dikatakannya, ide awal inovasi tersebut berasal dari Abdul Aziz saat dimulainya Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) IPB yang mengusulkan sejumlah ide untuk membuat sebuah inovasi.

"Berangkat dari konsep zero waste kami melihat produksi singkong Indonesia cukup besar, salah satunya di Ciluar, Bogor juga terdapat sentra pengolahan singkong untuk tepung tapioka," katanya.

Ia mengatakan, proses pembuatan gula cair dari kulit singkong juga cukup praktis. Kulit singkong yang sudah direndam selama tiga hari di-blender dengan campuran air lalu diambil patinya. Bubur kulit singkong yang sudah menjadi pati dimasukkan sejumlah enzim alfa-emilase.

Selanjutnya tahap sakarifikasi dengan cara pati yang telah terpecah menjadi dekstrin didinginkan dari suhu 105 derajat Celcius menjadi 60 derajat Celcius, kemudian dimasukkan ke dalam toples kaca sakarifikasi dengan penambahan enzim amiloglukosidase.

Setelah melalui proses sakarifikasi kemudian masuk ke dalam proses pemucatan dengan arang aktif. Tahap selanjutnya, dilakukan penyaringan dan proses penguapan (evaporasi) untuk memekatkan hasil gula cair dari 30-35 brix sampai 43-80 brix. "Gula cair kulit singkong ini mengandung energi 106 kilo kalori per 100 gramnnya, sedangkan gula pasir mengandung 364 kkal per 100 gram," kata Faraoq.

Lebih lanjut Putri Vionita menjelaskan, bila dibandingkan dengan produk gula lainnnya kandungan kalori gula cair kulit singkong lebih rendah dari gula lainnya, seperti gula aren mengadung 368 kkal/100 gram, gula kelapa 386 kkal/100 gram, dan bahan pemanis lainnya seperti madu mengandung 294 kkal/100 g.

"Dari hasil uji komposisi gula mengandung HPLC, komposisi gula cair kulit singkong mengandung fruktosa sebesar 4677.21 mg/1000g, glukosa 24.62 mg/1000 g, maltosa 0.11 mg/1000g," katanya.

Galih Nugraha menekankan, gula cair kulit singkong menggunakan hidrolisis enzimatis dengan bantuan enzim alfa-amilasi dan enzim amiloglukosidae merupakan gula cair fruktosa yang rendah kalori yakni sebesar 106 kkal/100 g. "Sehingga gula cair ini dapat digunakan untuk penderita diabetes yang menginginkan minuman manis," katanya.(Hanya di Indonesia)

Gadis Kebumen Jadi CEO Aplikasi Chatting Meotalk

Add Comment
Gadis Kebumen Jadi CEO Aplikasi Chatting Meotalk - Novi Wahyuningsih merupakan gadis asal Kebumen, Jawa Tengah yang mendunia. Pasalnya Gadis tersebut adalah CEO (Chief Executif Officer) di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT yang memiliki basis di Malaysia.



Gadis sederhana ini berhasil mendunia dengan aplikasi buatannya yaitu MeoTalk. Aplikasi ini memiliki banyak keunggulan dari pada aplikasi lain. Pemilik akun bisa mendapat pulsa gratis dengan mengumpulkan poin chatting.

Novi adalah anak petani dari pasangan Dharman dan Rasmi. Kedua orang tuanya bangga dengan prestasi yang telah di capainya dan yang memiliki keinginan kuat untuk terus maju.  (Hanya di Indonesia)

Anak SMA Indonesia Temukan Cara Deteksi Boraks dengan Tusuk Gigi

Add Comment
Anak SMA Indonesia Temukan Cara Deteksi Boraks dengan Tusuk Gigi - Makanan yang mengandung boraks banyak beredar di pasaran dan meresahkan masyarakat. Namun, tidak banyak masyarakat yang bisa dengan mudah mengetahui mana makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya tersebut. Selama ini, deteksi boraks pada makanan terbilang tidak praktis dan efektif, karena harus melalui tes dan uji laboratorium yang memakan waktu cukup lama, bahkan hingga berminggu-minggu.

Namun kini, deteksi boraks bisa dilakukan dengan mudah, praktis, dan cepat. Dengan menggunakan alat yang bentuknya mirip tusuk gigi, deteksi boraks pada makanan bisa langsung dilakukan kapan pun dan hanya membutuhkan waktu 5 detik, tanpa harus melalui uji di laboratorium.



Terobosan hebat ini diciptakan oleh dua siswi SMAN 3 Semarang, Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila. Untuk temuannya itu, mereka menamai SIBODEC (Stick of Borax Detector). Dengan tusuk gigi itu, siapa pun dapat dengan mudah mengetahui apakah suatu makanan mengandung boraks, hanya dengan menusukkan tusuk gigi ke sampel makanan yang akan diuji.

Selain mudah cara penggunaannya, mudah pula untuk menyimpulkan hasilnya. Bila terjadi perubahan warna pada tusuk gigi menjadi merah, berarti sampel makanan yang diuji positif mengandung boraks. SIBODEC dilengkapi dengan bahan kimia tertentu yang memang hanya sensitif terhadap boraks.



Kenapa memilih tusuk gigi? Selain mudah diperoleh, murah dan praktis, siapa pun dapat memanfaatkannya bahkan kalangan awam sekalipun. "Biar mudah dibawa dan karena bentuknya seperti tusuk gigi jadi terlihat normal kalau semisal mau cek makanan di mana saja."kata Dayu saat dihubungi brilio.net, Selasa (7/4)

Lewat inovasi tusuk gigi pendeteksi borak itu, Dayu dan Luthfia berhasil menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, sebuah ajang kompetisi inovasi anak muda tingkat dunia.(Hanya di Indonesia)

Stroke Saat ini Menjadi Penyakit Paling Mematikan di Indonesia

Add Comment
Stroke Saat ini Menjadi Penyakit Paling Mematikan di Indonesia - Peta di atas menunjukkan data tentang penyebab utama berkurangnya umur seseorang di tiap negara yang diambil dari data Global Burden of Disease Study pada tahun 2013. Banyak orang yang mengira bahwa istilah 'penyebab utama kematian seseorang' sama halnya dengan istilah 'penyebab usia seseorang berkurang', padahal kedua hal tersebut adalah berbeda.

Misalnya saja, kematian yang disebabkan oleh kelahiran bayi prematur lebih dapat meningkatkan angka berkurangnya usia seseorang di sebuah negara dibandingkan dengan kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung meskipun saat ini penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di mayoritas negara.



Dilansir brilio.net dari vox.com, Jumat (27/3), angka kematian yang disebabkan oleh kelahiran prematur hampir stabil setiap tahunnya. Sedangkan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung cenderung akan bertambah dari tahun ke tahun.

Yang paling mencengangkan, dalam gambar itu digambarkan Indonesia berwarna oranye. Warna oranye dalam data itu menunjukkan penyakit stroke. Hal itu berarti Indonesia disebut sebagai negara yang masyarakatnya banyak mengidap penyakit stroke. Wah!

Fakta juga menyebutkan bahwa penyakit jantung merupakan penyebab utama masyarakat di banyak negara kehilangan nyawa, terutama negara-negara yang ternyata berhasil mengurangi angka kematian anak. Sebaliknya, di beberapa negara di mana tingkat penghasilan penduduknya masih rendah, umumnya penyebab kematiannya adalah penyakit malaria, diare, kelahiran prematur, HIV/AIDS, dan juga kekerasan yang biasanya lebih dulu dialami oleh mereka yang berusia muda.

Selain itu, para peneliti sebenarnya saat ini sedang berusaha untuk mengurangi angka kematian anak di dunia, namun memang masih ada banyak hal yang harus dilakukan.
(Hanya di Indonesia)

Melukis Pakai Obat Nyamuk

Add Comment
Melukis Pakai Obat Nyamuk - Meninggalkan cara melukis dengan cat minyak, membuat Untung Yuli Prasetyawan (34) menggunakan media lainnya untuk menghasilkan karya lukis. Pria asli Magelang tersebut, menggunakan teknik bakar untuk melukis dengan menggunakan obat nyamuk!

Sejak dulu, pria yang akrab disapa Wawan Geni ini memang terkenal dengan kecintaannya dengan bara api, "Makanya saya dipanggil Wawan Geni, geni dalam Bahasa Jawa artinya api," ujar Wawan kepada brilio.net, Senin (20/10).



Sebelum menggunakan obat nyamuk, Wawan sempat menggunakan dupa, lidi yang dibakar, dan kayu bakar. Namun pada tahun 2003 akhirnya Wawan menemukan formulasi yang paling pas, yaitu memakai obat nyamuk dan rokok. Obat nyamuk yang ujungnya lancip cocok memudahkan untuk melukis detail. Sedangkan rokok untuk menyebarkan api dalam membuat corak.

Wawan bercerita, dia menggunakan rokok hanya sebagian kecil saja ketika dia sedang merokok. Selebihnya dia menggunakan obat nyamuk. Dalam sebulan Wawan bisa menghabiskan antara 15 hingga 20 pak obat nyamuk.



Atas keunikan teknik yang dipergunakan Wawan, akhirnya lukisannya itu mulai dilirik oleh wisatawan mancanegara. Dia juga pernah menyabet rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) tahun 2006 atas keunikan teknik melukisnya. Kini lukisan Wawan sudah menjadi incaran wisatawan mancanegara.



Pengen tahu seperti apa lukisan Wawan? Lihat aja nih, dijamin bikin kamu terkagum-kagum(Hanya di Indonesia)

Mi Gomak Spageti Khas Batak

Add Comment
Mi Gomak Spageti Khas Batak - Mi Gomak, makanan yang terkenal sebagai masakan khas daerah dari tanah Batak Toba, meliputi semua daerah Batak Toba, dan juga menjadi masakan khas di Sibolga dan Tapanuli.

Mengenai asal usul sebutan untuk menu ini beragam versi. Sebagian menyebutkan, mungkin karena cara penyediaannya digomak-gomak (digenggam pakai tangan) hingga sampai saat ini disebut mie gomak, meski pun pada akhirnya tidak menggenggamnya dengan tangan di saat menghidangkannya.



Juga sering disebut Spageti Batak karena mirip dengan spageti dari Itali, bentuknya mirip seperti lidi.

Mie yang sudah direbus biasanya dibuat terpisah dengan kuah dan sambalnya. Meski banyak ragam untuk membuat menu makanan khas Batak ini, ada yang menggunakan kuah ada juga dibuat seperti mie goreng. Rasanya sangat unik apabila mie gomak dicampur dengan bumbu dari tanah Batak yakni andaliman.

Jika Anda penasaran ingin mencicipinya, Anda bisa mebuatnya di rumah. Berikut resep lengkap mi gomak kuah, santapan paling pas saat hujan:

Bahan Mi Gomak

  • 250 g mie lidi, rebus hingga matang, tiriskan, campur dengan sedikit minyak, aduk rata
  • 1 buah labu siam, kupas, potong korek api
  • 125 g tempe, potong korek api
  • 500 ml kaldu
  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 buah tomat, potong dadu
  • minyak untuk menumis


Bumbu Halus Mi Gomak

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 4 butir kemiri
  • 1/4 sdt asam
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir


Cara Membuat Mi Gomak
1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, daun salam, dan lengkuas hingga harum.
2. Tuang kaldu, didihkan.
3. Masukkan potongan labu siam dan potongan tempe, masak hingga matang.
4. Tambahkan santan dan tomat, masak dengan api kecil sambil diaduk hingga mendidih.
5. Penyajian: Tata mie lidi yang telah direbus, siram dengan kuah santan beserta isinya. Sajikan panas.(Hanya di Indonesia)

Resep Gulai Paku Enak Khas Pariaman

Add Comment
Resep Gulai Paku Enak Khas Pariaman - Gulai paku makanan yang cukup populer di Sumatera Barat terutama di daerah pesisir barat. Gulai ini berbahan dasar daun pakis (paku), dengan bumbu santan, laos (lengkuas), cabe rawit hijau, asam kandis, dan kunyit.

Gulai paku ini biasa disajikan dengan ketupat. Ketupat gulai paku adalah makanan khas daerah Pariaman. Tak seseram namanya, Gulai Paku ini memiliki rasa yang lezat dan enak.



Anda bisa menyajikannya di rumah untuk santapan di akhir pekan bersama keluarga. Berikut resep gulai paku:

Bahan Gulai Paku

  • 500 gram daun pakis muda, siangi lalu cuci bersih
  • 250 gram udang kupas, buang kulit dan kepala (sisakan ekor)
  • 500 ml santan cair
  • 250 ml santankental
  • 1 batang sereh, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 buah asam kandis
  • Minyak untuk menumis


Bumbu Halus Gulai Paku

  • 10 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah
  • 5 buah cabe rawit
  • 2 cm jahe
  • 3 cm kunyit, bakar
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt penyedap


Cara Membuat Gulai Paku
1. Panaskan minyak goreng diatas penggorengan kemudia tumis bumbu halus dengan daun salam, daun sereh, lengkuas dan asam kandis hingga harum kemudian masukan udang yang telah dikupas dan dibersihkan, aduk rata
2. Setelah udang berubah warna masukan santan cair sambil diaduk agar santan tidak pecah, aduk terus hingga mendidih.
3. Setelah mendidih masukan santan kental aduk terus hingga mendidih sekalilagi.
4. Terakhir masukan daun pakis, masak hingga kuah menyusut dan santan mengental.
5. Kemudian sajikan.(Hanya di Indonesia)

Resep Sambal Dabu-Dabu Asli Manado

Add Comment
Resep Sambal Dabu-Dabu Asli Manado - Beberapa masakan Indonesia tersaji dengan rasa yang pedas. Indonesia juga terkenal dengan beragam sambal yang nikmat untuk melengkapi makan Anda.

Salah satu sambal yang terkenal adalah sambal dabu-dabu khas Manado, Sulawesi Utara. Sambal dabu-dabu ini tersasa segar dan bikin nagih. Banyak yang menilai bahwa sambal dabu-dabu paling pas untuk pendamping makan ikan bakar rica-rica.



Bahkan sambal dabu-dabu kini banyak disajikan di setiap tempat makan dan tidak sepi peminatnya.

Jika Anda penasaran dan ingin mencoba sambal dabu-dabu khas Manado ini, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara mudah, berikut resep lengkapnya:

Bahan Sambal Dabu-Dabu


  • 10 buah cabe rawit hijau/merah
  • 2 buah tomat segar
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 buah jeruk nipis
  • secukupnya minyak goreng +


Langkah Membuat Sambal Dabu-Dabu

1. Iris tipis tipis cabe, tomat, dan bawang merah lalu taruh di mangkok

2. Tambahkan garam, gula, dan kucuran air jeruk nipis, aduk sampai merata

3. Siram bahan bahan tersebut dengan minyak panas atau mendidih

4. Sajikan bersama ikan rica-rica.(Hanya di Indonesia)

Sate Klopo Khas Surabaya Wajib Dicoba

Add Comment
Sate Klopo Khas Surabaya Wajib Dicoba - Surabaya memiliki kuliner sate yang berbeda dari tempat lainnya. Karena sate khas Surabaya ini menggunakan bumbu kelapa, penasaran kan?\
\


Namaya sate klopo, klopo adalah bahasa Jawa yang berarti kelapa. Daging sapi dan lemak sapi yang dibungkus dengan bumbu kelapa lalu dibakar menghasilkan hidangan yang lezat. Sate klopo ini juga cocok disajikan dengan lontong.

Sate klopo Surabaya ini sangat populer sehingga tak heran jika banyak yang menggemarinya. Untuk membeli sate klopo pun susah karena harus melewati antrian yang lumayan panjang. Tapi bagi Anda yang jauh dari tempatnya Kota Surabaya Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Berikut resep sate klopo istimewa yang dilengkapi dengan cara mudah bikin sendiri di rumah untuk hasil 25 tusuk:

Bahan Sate Klopo
300 gram daging sapi has dalam, dipotong-potong
100 gram lemak sapi, dipotong-potong
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu Sate Klopo
200 gram kelapa parut kasar

Bumbu Halus Kelapa Sate Klopo
4 buah bawang merah
2 bawang putih
2 cm kunyit, dibakar
1/2 sendok teh ketumbar bubuk
1/2 sendok teh gula pasir

Bumbu Kacang Sate Klopo
100 gram kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
2 buah cabai merah keriting, dihaluskan
2 buah cabai rawit merah, dihaluskan
25 gram gula merah sisir
1/2 sendok teh garam
300 ml air hangat

Pelengkap Sate Klopo
5 porsi nasi putih
100 gram kelapa parut kasar, disangrai, dihaluskan
5 buah bawang merah iris
5 sendok makan kecap manis

Cara memasak Sate Klopo

1. Lumuri daging sapi dengan garam dan merica bubuk. Diamkan 1 jam dalam lemari es.
2. Tusuk-tusuk daging sapi bergantian dengan lemak sapi.
3. Bumbu kelapa: aduk rata bumbu halus dan kelapa parut.
4. Bungkus sate dengan bumbu kelapa.
5. Bakar sampai harum.
5. Aduk rata bumbu kacang.
6. Sajikan dengan bumbu kacang dan pelengkap.
(Hanya di Indonesia)

Berburu Kuliner Ekstrem di Pasar Tomohon

Add Comment
Berburu Kuliner Ekstrem di Pasar Tomohon - Berkunjung ke Sulawesi Utara, jangan lupa datang ke tempat-tempat seru di sana. Bukan hanya tempat wisatanya, tapi juga pasar tradisional yang menjajakan makanan super ekstrem.

Diantara banyaknya destinasi alam yang terdapat di Kota Tomohon, ada satu nama pasar yang terselip. Destinasi ini telah mendunia, namanya Pasar Tomohon, pasar penjual segala macam daging.

Pasar tradisional Tomohon yang ada di Kabupaten Tomohon ini menjual beraneka ragam kebutuhan masyarakat, namun di Pasar tradisional ini tergolong ekstrem bahkan menjadi sorotan dunia.

Pasar Tohomon terletak di berjarak 25 km dari pusat Kota Manado tersebut menjajakan kuliner ekstrim seperti daging anjing, kucing, babi, tikus hutan, ular, serta paniki atau kelelawar, yang jarang ditemui di pasar tradisional pada umumnya.



Pedagang menunjukkan paniki atau kelelawar yang telah dibakar untuk dijual kepada pembeli di Pasar Tomohon, Sulawesi Utara, Rabu (2/12).

Sejumlah penjual juga menjajakan bahan makanan seperti kera sekali pun tersedia. Semua hewan tersebut dijual setelah bulunya dibakar habis.

Hewan tersebut dijual dengan harga bervariasi. Seperti Tikus yang dibanderol Rp10 ribu/ekor, Kelelawar Rp50 ribu/ekor, Anjing Rp150 ribu/ekor, dan Kucing Rp100 ribu/ekor.

Khusus hari Sabtu dan Minggu, daging yang diperjualbelikan di Pasar Tomohon menjadi lebih beragam dan tidak biasa. Daging monyet hitam, yaitu hewan langka khas Sulawesi kadang juga diperjualbelikan di sini. Belum lagi daging ular piton dan daging kucing adalah daging yang turut dijual di pasar ini.

Namun sehubungan dengan adanya peraturan tentang hewan yang dilindungi di Indonesia, para pedagang sudah tidak boleh menjual daging Kera.(Hanya di Indonesia)

Resep Tahu Petis Khas Semarang

Add Comment
Resep Tahu Petis Khas Semarang - Tahu petis adalah jajanan khas kota Semarang berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis (saus berwarna hitam kental yang biasanya terbuat dari udang) yang dioleskan atau disisipkan di tengah-tengah tahu.

Seperti tahu pong tapi rasanya tidak asin, yaitu berasal dari tahu putih yang digoreng sampai kecokelatan tanpa dibumbui atau dibumbui dengan larutan garam dan bawang putih saja. Sedangkan petisnya berasa manis agak sedikit asin. Agar menggugah selera tahu petis biasanya dimakan dengan cabai rawit.



Keunikan produk ini ada pada bumbu petis berbahan dasar udang yang diracik dengan bumbu spesial sehingga menghasilkan petis udang siap saji yang bearoma harum dan tidak menyengat. Dipadu dengan tahu pong yang segar dan renyah sehingga menambah kelezatannya. Berikut resep tahu petis khas Semarang:

Bahan Tahu Petis

  • Tahu 4 buah
  • Petis udang 1 sendok makan
  • Gula merah 1 sendok makan
  • Lengkuas 1 ruas
  • Bawang putih 3 siung
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • air secukupnya
  • tepung tapioka secukupnya
  • Garam secukupnya
  • lada secukupnya


Cara Membuat Tahu Petis

1. Goreng tahu hingga matang,angkat dan tiriskan
2. umis bawang putih,dan lengkuas sampai terasa harum,masukan gula merah,kecap ,garam,merica dan petisnya,aduk sampai rata dan tambahkan sedikit air
3. Masukan tepungb tapioka kedalam saus,aduk hingga rata
4. Campur tahu goreng dan siramkan saus petis nya
5. Tahu petis siap dihidangkan
(Hanya di Indonesia)

Lima Makanan Khas yang Hanya Ada di Indonesia

Add Comment
Lima Makanan Khas yang Hanya Ada di Indonesia - Mungkin rindu dengan keluarga yang di rumah, suasana dan lingkungan, dan bahkan masakan Indonesia. Walaupun ada rumah makan yang menjual makanan Indonesia, namun tetap saja cita rasa yang dihasilkannya berbeda. Berikut akan JadiBerita bahas 10 menu makanan yang hanya ada di Indonesia. Penasaran? Yuk langsung saja kita simak artikel berikut.

1. BAKSO

Bakso adalah salah satu menu yang akan menggoyang lidah JBers ketika mencicipinya. Walaupun di negara-negara lain pun ada menu bakso yang terkenal dengan sebutan meatball, namun cara penyajiannya tentu saja berbeda-beda. Bakso yang hanya ada di Indonesia adalah bakso Malang dan bakso bakar. Siapa yang tidak kenal dengan bakso Malang?



Bakso Malang ini disajikan dengan kuah kaldu panas, bisa disertai dengan mie atau bihun, pangsit, gorengan, dan sayur yang juga disediakan beragam, mulai dari kol, sawi, atau selada. Selain bakso Malang, bakso  bakar juga merupakan salah satu makanan khas kota Malang. Bakso bakar ini diolah dengan cara dibakar di atas arang dan disiram bumbu spesial. Hmmm, rasanya pasti sedap….

2. SOTO

Soto adalah salah satu makanan khas Indonesia yang disajikan dengan kuah dan diisi dengan daging, sayuran dan berbagai macam bumbu. Uniknya, soto di Indonesia memiliki beragam jenis sesuai dengan daerahnya. Contohnya saja ada soto Kudus khas kota Kudus, soto Bandung, soto Betawi, soto Madura dan lainnya. Salah satu menu andalan adalah soto Betawi khas Jakarta. Soto Betawi sendiri tak seperti soto lainnya. Ia memiliki kuah kental berwarna putih kekuningan karena di dalamnya diwarnai dengan santan. Soal daging yang dipakai, soto betawi bisa disajikan dengan menggunakan daging sapi, kambing ataupun ayam. Soto Betawi ini pun akan diracik dengan daun bawang dan bawang goreng serta disajikan dengan kerupuk emping yang tak boleh dilewatkan. Hmmm, yummyyy…

 3. RENDANG

Rendang merupakan menu berbahan dasar daging yang diolah dengan aneka rempah seperti ketumbar, kunyit dan aneka bumbu dapur lainnya. Rendang adalah menu khas Padang yang kaya rasa dan sangat legit. Rasanya memang cenderung asin, dengan kuah pekat yang menempel karena bumbu yang digunakan juga banyak. Biasanya dagingnya lembut dan meninggalkan rasa lezat di lidah saat disantap dengan nasi hangat.

4. PEMPEK

Pempek adalah menu khas dari Palembang. Pempek dibuat dari bahan dasar ikan yang diolah dengan tepung dengan aneka bentuk unik. Ada yang disebut kapal selam, lenjer, dan lainnya. Biasanya pempek ini akan disantap dengan kuah encer yang terbuat dari saus cuka dan gula. Selain itu, ada tambahan mie dan acar di dalamnya. Saat disantap, lidah JBers akan betul-betul dimanja karena ada rasa gurih, manis, asam dan asin sekaligus.

5. GUDEG

Salah satu menu khas Indonesia yang tidak boleh dilewatkan adalah gudeg khas Jogja. Menu gudeg ini merupakan perpaduan sayur nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah. Gudeg disajikan juga dengan pelengkap berupa aneka lauk seperti ayam goreng, tempe goreng, telur rebus hingga kerupuk kulit sapi. Guged ini memiliki cita rasa khas Jogja, yaitu rasanya cenderung manis dan legit. Gudeg ini akan terasa lengkap bila disantap bersama nasi hangat. Pasti JBers ingin tambah lagi, lagi, dan lagi.(Hanya di Indonesia)

5 Desa Unik Hanya Ada Di Indonesia

Add Comment
5 Desa Unik Hanya Ada Di Indonesia - Indonesia memang menyimpan berjuta keindahan yang tiada habisnya untuk diceritakan :

Berbicara soal kekayaan dan keindahan alam Indonesia memang tiada habisnya. Rasanya setiap ujung yang ada di Indonesia memiliki cerita dan keindahan tersendiri. Laut dan daratan indonesia telah membentuk suatu keindahan yang tak jarang negara lain punya.

Salah satu keindahan dan keunikan Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain adalah Indonesia punya desa-desa unik yang sangat kental akan budaya dan sangat menggoda untuk di kunjungi. Sebut saja Desa Wae Rebo yang ada di Flores dan Desa Baduy yang ada di Banten.

Kedua desa tersebut merupakan dua dari banyaknya desa unik yang ada di Indonesia. Desa-desa unik di Indonesia kebanyakan masih mempertahankan nilai kebudayaan dan tak sedikit menolak teknologi yang sekarang ini telah merubah semuanya. Sebagian besar desa-desa unik di Indonesia masih mempertahankan gaya tradisionalnya. Namun karena itulah desa-desa unik di Indonesia menjadi daya tarik turis untuk datang kesana.

Nah untuk memuaskan rasa penasaran desa unik apa saja yang ada di Indonesia, berikut AnakRegular rangkum tentang Lima Desa Unik Asli Ada Di Indonesia :

Lima Desa Unik Yang Ada di Indonesia

1. Desa Wae Rebo

Desa unik pertama yang dimiliki Indonesia dan telah mendunia adalah Desa Wae Rebo yang berada di kecamatan Satarmase, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Di desa ini setidaknya ada 7 rumah utama yang berbentuk kerucut dengan tinggi dan diameternya yang sama. Rumah unik yang ada di desa ini bisa ditinggali oleh 6 hingga 8 keluarga.



Untuk pemandangan di desa ini tak perlu diragukan lagi, hamparan gunung dan hijaunya alam bisa kita nikmati setiap harinya. Apa lagi letak dan keberadaan rumah kerucut yang tersusun secara melingkar menjadikan sempurna desa Wae Rebo ini.

2. Desa Penglipuran

Bali memang tempat yang sangat terkenal di kancah internasional, banyak wisatawan dunia yang mengakui keindahan yang dimiliki oleh pulau Bali ini. Nah selain pantai yang menjadi andalan pulau dewata. Ternyata Bali juga memiliki sebuah desa unik bernama Desa Penglipuran yang terletak di Bangli. Konon katanya desa ini disebut-sebut sebagai desa paling bersih di Pulau Dewata.

Desa wisata ini memang tak begitu besar, luas desa ini hanya 112 hektar dengan 9 hektarnya dipakai untuk pemukiman. Udara dan keadaan desa ini masih asri serta sangat kental dengan budaya Bali. Rumah berarsitektur Bali tampak berjejer di kiri dan kanan jalan. Pepohonan, rerumputan dan bunga aneka warna pun tampak tumbuh subur. Sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah keindahan!

Asyiknya lagi, desa ini bebas dari kendaraan bermotor. Anda bisa puas memotret sambil mengenal lebih dekat budaya warga setempat tanpa harus takut kena polusi asap. Biaya masuk ke desa juga terjangkau, yaitu Rp 7.500 per orang.

3. Desa Baduy

Beralih sedikit ke Pulau Jawa tepatnya di Provinsi Banten, nyatanya ada sebuah desa unik yang sangat kental akan budaya tradisionalnya. Desa tersebut bernama Desa baduy. Desa Baduy di huni oleh Suku Baduy. Desa Baduy terbagi menjadi dua yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Bagi Anda yang ingin datang ke desa ini bisa langsung mengunjungi Desa Ciboleger yang menjadi pintu masuk menuju pemukiman Suku Baduy.

Nah bagi Anda yang suka fotografi dan ingin sekali mengambil gambar dari desa baduy, Anda harus menyiapkan stamina. Karena dari Desa Ciboleger harus trekking menuju pemukiman Baduy Luar dan Baduy Dalam selama sekitar 5 jam. Perjalanannya memang melelahkan, namun di sepanjang jalan Anda bisa menikmati udara sejuk dan perbukitan yang mempesona.

Sesampainya di pemukiman Baduy, Anda bisa melihat rumah-rumah mereka yang terbuat dari bambu dan tertata rapi. Sungai yang mengalir di pemukiman ini juga sungguh jernih, karena Suku Baduy sangat menghargai alam. Dari beberapa cabang sungai, yang mereka gunakan sehari-hari hanya satu.

Cabang sungai lain yang airnya jernih bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar serta wisatawan yang datang. Hutannya juga terjaga karena masyarakat Baduy selalu menjaga kebersihan dan tidak merusak hutan.

4. Desa Trunyan

Desa Trunyan merupakan desa yang berada di Kabupaten Bangli, Bali. Jika desa-desa diatas memiliki nilai keindahan yang tiada duanya. Desa Trunyam malah kebalikannya Desa ini dikatakan sebagai desa unik karena budaya dan adat istiadat yang tak biasa masih terjaga di desa ini.

Pemandangan yang hijau di desa ini dilengkap dengan banyaknya tengkorak manusia yang berserakan dimana-mana. Seram pasti, namun hal inilah yang membuat desa Bungli menjadi unik. Desa ini punya kuburan di sisi timur Danau Batur. Di sini, jenazah tidak dikuburkan. Jenazah yang ada dibiarkan saja di atas tanah hingga membusuk. Sungguh berbeda dengan warga Bali lainnya yang mayoritas melakukan upacara Ngaben saat ada orang yang meninggal.

5. Desa Kete Kesu

Hampir sama dengan Desa Trunyan yang ada di Bali Desa Kete Kesu yang terletak di Tana Toraja, Sulawesi Selatan ini mempunyai keunikan yang tak biasa. Masyarakat di desa wisata ini punya kepercayaan bahwa menguburkan jenazah manusia di tebing batu adalah hal baik. Maka jangan heran jika Anda menyaksikan tengkorak berserakan di berbagai sisi tebing di Kete Kesu.

Di Desa Kete Kesu, ada dua cara pemakaman. Jenazah ada yang ditaruh di gunung batu dan gua alam, atau makam rumah yang disebut patane dalam bahasa Toraja. Saat berlibur ke desa ini, Anda bisa melihat peti mati orang Toraja yang disebut erong. Bentuknya ada yang disimbolkan dengan alat kelamin serta kepala hewan. Kebanyakan erong ini usianya telah mencapai 500 tahun lho!

Yoo itulah lima desa unik dan indah yang di miliki Indonesia, sebenarnya masih banyak lagi desa-desa unik di Indonesia yang masih belum terjamah. (Hanya di Indonesia)

Rumah Adat Batak Ini Sangat Populer di Jerman

Add Comment
Rumah Adat Batak Ini Sangat Populer di Jerman - Tak bisa dipungkiri lagi, Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat luar biasa. Sudah banyak negara-negara di dunia mengagumi keanekaragaman kebudayaan di Indonesia.



Misalnya, rumah adat Batak yang sangat terkenal di Jerman, bernama Batakhaus terletak di Werpeloh, Jerman.

Di Jerman, rumah ini populer dengan nama Batakhaus, namun di Indonesia biasa disebut dengan nama Rumah Bolon.

Batakhaus sengaja dibangun di Warpeloh sejak 1978 atas inisiatif seorang pastor bernama Matthaus.

Sama seperti dengan Rumah Bolon di Indonesia, Batakhaus juga memilik bentuk persegi empat dan seperti rumah panggung.

Ya, bagian depan rumah - tepat terletak di tengah-tengah badan rumah terdapat tangga yang menjadi akses untuk masuk ke dalam rumah.

Sama seperti yang dibangun di Indonesia, rumah adat Batak eksis di Jerman ini juga ditopang oleh tiang-tiang penyangga.

Uniknya, atap rumah berbentuk pelana kuda. Ornamen pada rumah pun merujuk ornamen yang sering digunakan oleh Suku Batak.

Rumah dibagi menjadi 3 zona, yaitu atas, tengah, dan bawah. Bagian atas untuk roh leluhur, bagian tengah untuk keluarga, dan bagian bawah untuk hewan peliharaan.

Material yang digunakan untuk membangun Batakhaus berasal dari bahan setempat seperti batu Hümmlinger, dinding dari kayu ek, dan ilalang untuk atap.

Walaupun begitu, Batakhaus ini pun sama dengan “nenek moyang”-nya di Indonesia.

Rumah yang satu ini memang bukan untuk rumah tinggal.
Sekarang, rumah adat Batak eksis di Jerman dijadikan sebagai museum dan objek wisata setempat.

Indonesia pun patut berbangga hati ketika melihat budayanya go internasional . Namun, jangan sampai kekayaan budaya Indonesia diambil oleh bangsa lain.

(Hanya di Indonesia)

Penyakit yang Hanya Ada di Indonesia

Add Comment
Penyakit yang Hanya Ada di Indonesia - Jika Anda tengah berada di luar negeri dan mengalami gejala masuk angin, apa yang Anda hendak katakan kepada dokter atau apoteker untuk mendefinisikan kondisi tersebut?


Bila di dalam negeri, kita akan dengan mudah memberikan penjelasan kepada tenaga medis tentang kondisi 'masuk angin' dan 'panas dalam'. Nah, inilah uniknya Indonesia, punya penyakit yang tidak ada di negara lain.

"Masuk angin dan panas dalam memang merupakan istilah yang hanya dikenal di Indonesia, tapi tidak di negara lain. Indonesia ini memang unik," ujar Mulyo Rahardjo selaku CEO PT Deltomed Laboratories kala memberikan penjabaran mengenai solusi herbal untuk sariawan di FX Sudirman Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Ia menambahkan penyakit, seperti sariawan pun tidak dikenal oleh masyarakat di luar negeri. "Bila diterjemahkan pun istilahnya menjadi tidak logis, tapi tetap logis bagi kita," ucapnya.

Di negara barat, masuk angin memang lebih kerap dikaitkan dengam gejala flu. Sedangkan panas dalam dan sariawan lebih identik dengan radang pada ulcer.
(Hanya di Indonesia)

Mengapa Pocong Hanya di Indonesia?

Add Comment
Mengapa Pocong Hanya di Indonesia? - Geger keberadaan pocong-pocongan di Bantul hingga kepolisian turut tangan untuk mengatasi keresahan warga, membuat kami bertanya, mengapa pocong hanya ada di Indonesia? Sementara, hantu-hantu atau setan di luar negeri lebih dikenal vampire, dracula, dan lain-lain.


Popularitas pocong di Indonesia memang cukup hangat di telinga orang Indonesia hingga beberapa film Indonesia juga menyertakan pocong dalam film-film horornya. Baik film horor komedi, maupun horor betulan.

Lantas, bagaimana pocong hanya dikenal di Indonesia? Keberadaan pocong di Indonesia bersumber dari tahayul atau mitos yang meyakini kalau mayit yang ikatan kain kafannya lupa tidak dibuka ketika dimakamkan. Karena tidak dibuka, dia gentayangan dan mendatangi rumahnya atau masyarakat lainnya. Kepercayaan ini berkembang di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatera.

Menurut Cholil Nafis, Sekretaris Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI, seperti yang kami kutip dari Merdeka.com, penyebab adanya pocong atau setan gentayangan menampakkan diri, bukan disebabkan tali pocong jenazah tidak dibuka ikatannya. Tetapi karena penjelmaan dari qorin atau 'teman hidup'.

"Sebenarnya orang yang sudah mati rohnya menghadap Allah SWT. Kalau yang gentayangan itu berarti mempunyai teman hidup. Jadi ada makhluk hidup yang menempel ke kita," ujar Cholil Nafis.

'Teman hidup' atau yang sering disebut qorin ini mengikuti sifat si Fulan, atau orang yang diikutinya semasa hidup. Setiap manusia memiliki qorin. Jika orang itu baik, suka beramal saleh dan menjauhi larangan agama, maka qorin tidak akan mengganggu orang lain selepas si Fulan meninggal. Sebaliknya, jika selama hidup si Fulan ini dekat dengan maksiat, jahat dan memiliki segudang sifat buruk lainnya, maka amalan-amalan ini tetap melekat ke qorin meski si Fulan sudah meninggal.

Mengapa berbentuk pocong? Cholil menjelaskan bahwa si Fulan saat hidupnya entah sengaja atau tidak mengganggu jin yang memang habitatnya berada di lembah. Jin itulah yang menjelma menjadi pocong.

"Mungkin di suatu tempat, di lembah tempat jin, diganggu. Lantas jin keluar menjadi makhluk menakutkan," terang Cholil.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa vampir, drakula, pocong, kuntilanak dan hantu-hantu lain adalah jin yang melakukan penampakan. Penampakan akan menyesuaikan bentuk sosok hantu yang di percaya orang atau masyarakat setempat. Bagaimana menurut Anda?(Hanya di Indonesia)

Nina Kozok , Model Brand Kelas Dunia

Add Comment
Nina Kozok , Model Brand Kelas Dunia - Indonesia boleh bangga nih karena ada seorang wanita berdarah Batak menorehkan prestasi sebagai salah satu model ternama di dunia. Dia adalah Nina Kozok,  Anda mungkin akan berdecak kagum pada sosok wanita kelahiran 27 Juli 1992 ini.



Memulai karirnya sebagai model di Hawaii, saat ini ia tak hanya dikenal sebagai model kelas dunia, tapi juga bintang iklan, model video klip, bahkan juga pemain film layar lebar. Penasaran kan tentang sosok wanita penuh talenta tersebut? Yuk intip beberapa hal tentang dirinya.

1. Nina Kozok Berdarah Batak

Nina Kozok memiliki kehidupan yang menarik sekali untuk diulas. Ia lahir di Indonesia dari ayah keturunan Jerman dan ibu berdarah Batak. Otomatis Nina adalah seorang wanita blasteran yang cantik dan mempesona. Ayah Nina yang seorang Arkeolog membuatnya harus ikut sang ayah berpindah-pindah.

Dari umur 3 tahun Nina sudah ikut ayahnya untuk tinggal di New Zealand. Nina Kozok juga tak lama tinggal di sana, keluarganya kemudian pindah lagi ke Hawaii saat umurnya 10 tahun. Meski begitu, ia tetap menaruh perhatian khusus pada Indonesia. Bahkan hampir semua tempat wisata-wisata menarik di Indonesia sudah ia kunjungi. Misalnya saja Manado, Bunaken, Gili Trawangan, dan hampir semua tempat di Sumatera.

2. Nina Kozok Dilirik Oleh Victoria’s Secreet

Siapa sih yang nggak tahu Victoria’s Secret? Itu adalah merek pakaian dalam yang cukup ternama di dunia. Bahkan Forbes sampai menyebutkan jika para alumni Victoria’s Secreet adalah model-model dengan penghaslilan yang tinggi. Dan Nina Kozok pernah ikut berkarir bersamanya.

Ia tak pernah menyangka jika keputusannya ikut salah satu agensi di Hawaii justru membawanya bersanding dengan para angel Victoria’s Secret. Brand pakaian dalam ternama tersebut memang punya gerai resmi yang terletak di Hawaii. Suatu ketika mereka mengadakan acara di Hawaii dan sengaja meminta model lokal untuk ikut bergabung. Beruntung karena Ninalah yang terpilih. “Selain itu, Victoria’s Secret minta beberapa model lokal Hawaii untuk hadir di acara bergengsi itu. Thank God, saya terpilih. I was just lucky!” kata Nina.

Sebelumya Nina memang terjun di dunia model. Ia telah mengujungi beberapa kota di dunia yang tekenal sebagai kota-kota model. Selain Victoria’S Secret, Nina juga pernah jadi model Adidas. Tak hanya di luar, ia pun juga pernah jadi model majalah-majalah ternama di Indonesia seperti Cosmopolitan, Dewi, Kartini, Cleo dan sebagainya.

3. Nina Kozok Nina Kozok Main Film

Selain dikenal sebagai model, Nina Kozok juga mencoba peruntunggannya dengan bermain film layar lebar. Saat ini ia tengah dipercaya membintangi film Indonesia yang berjudul “Gengster”. Melalui audisi, Nina berhasil meyakinkan sang sutradara. Ia pun berhasil merebut peran Retta dalam film tersebut. Awalnya Nina mengaku jika bahasa Indonesianya yang belum lancar, menjadi hambatan utama dalam berakting. “Bahasa saya belum lancar. Kosakata yang selama ini belum pernah saya pakai, mudah hilang dari pikiran persis ketika saya berada di depan kamera,” ujar Nina.

Nina akhirnya memiliki kesan tersendiri setelah ia terlibat syuting film. Menurutnya syuting film itu susah dan membutuhkan latihan. “Agar fasih berbahasa, saya ikut latihan baku hantam dan latihan berbahasa supaya lebih luwes selama hampir dua bulan. Selama itu, saya dilarang menggunakan bahasa Inggris. Uniknya, saya tidak kapok. Ternyata akting mengubah sifat asli saya. Sering kali saya membawa watak Retta ke rumah dan itu menyenangkan. Fajar Nugros sabar dan baik. Ia fleksibel. Beberapa dialog, diksinya diubah supaya lebih mudah bagi saya tanpa mengurangi esensi cerita,” cerita Nina.

4.  Main Video Klip

Anda yang pernah nonton video klip Raffi Ahmad yang berjudul “Bukan rama Shinta”, pasti akan akrab dengan Nina Kozok. Karena memang ia yang dipilih oleh Raffi Ahmad untuk membintangi vido klipnya tersebut. Baru-baru ini Nina terlibat lagi dengan syuting video klip.

Kali ini bukan untuk Raffi Ahmad, melainkan untuk Noah. Di video klip Noah tersebut, Nina akan beradu akting dengan sang vokalis, Ariel. Nina sendiri sempat mengunggah foto yang menceritakan pembuatan video klip tersebut lewat instagram miliknya lengkap dengan caption yang berbunyi “On set today shooting @noah_site new music video with @ariel_inst”.

Itulah beberapa hal tentang Nina Kozok, wanita berdarah Batak yang penuh talenta, cantik sekaligus mempesona. Bagaimana menurut Anda?(Hanya di Indonesia)

Orang Tasik Ini Mampu Taklukan Rumus yang 30 Tahun Tak Terpecahkan

Add Comment
Orang Tasik Ini Mampu Taklukan Rumus yang 30 Tahun Tak Terpecahkan - Orang Tasikmalaya ini berhasil memecahkan rumus matematika Persamaan Helmholtz yang membelenggu para pakar ilmu pengetahuan dan teknologi selama 30 tahun tak seorang pun mampu memecahkannya.



‘’Banyak pakar yang menghindari penelitian untuk memecahkan rumus Helmholtz ini karena memang sangat sulit dan rumit,’’ kata sarjana yang cum laude S1 dan S2 di ITB ini.

Ketika beliau melanjutkan S3-nya di Belanda, dosen penerbangan dari ITB ini, tertantang oleh perusahaan minyak Shell yang minta bantuan DUT (Delft University of Technology) untuk memecahkan rumus Helmholtz.

Setelah mengadakan riset dengan menghabiskan dana sekitar 6 milyar yang dibiayai Shell, berkat kejeniusannya akhirnya rumus itu mampu beliau pecahkan, yang mencengangkan dunia iptek, dan mendapat ucapan selamat dari universitas di eropa, israel dan amerika.

Berdasarkan hasil temuannya ini membuat banyak perusahaan minyak dunia sangat senang dan meminta bantuannya. Pasalnya, dengan rumus itu mereka dapat 100 kali lebih cepat dalam menemukan sumber minyak di perut bumi melalui gelombang elektromagnetik yang dipantulkan dari perut bumi dengan akurasi yang sangat tinggi.

Andai saja Yogi mau mematenkan hasil temuannya, mungkin ia akan mendapat uang yang sangat besar. Tapi ilmuan muda bernama lengkap Yogi Ahmad Erlangga menolaknya termasuk menamakan temuannya itu dengan ERLANGGA EQUATION. Mematenkan temuan ini justru akan menghambat perkembangan ilmu pengetahuan selanjutnya. Thesis S3 yang disusun di Jurusan Matematika kampus yang sama di Delft, terpilih sebagai thesis terbaik di Belanda oleh MNC

“Saya ingin temuan ini dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena itu hak manusia. Hak ini bisa dijamin jika ilmu dimiliki publik dan bersifat open source,” kata Yogi merendah.

Industri yang bisa mengaplikasikan rumus ini antara lain industri radar, penerbangan, kapal selam, penyimpanan data dalam blue ray disc (keping DVD super yang bisa memuat puluhan gigabyte data), dan aplikasi pada laser, serta ilmu lainnya yang berkaitan dengan gelombang elektromagnetik.

Buku mengenai persamaan Helmholtz yang dibuatnya saat masih di Belanda pun, laris manis dalam waktu singkat. ‘’Tinggal satu (buku) dan saya tak punya fotokopinya lagi.’’

Khusus untuk ITB, sambung pria kalem kelahiran Tasikmalaya 8 Oktober 1974, obsesinya adalah ingin ITB bisa lebih besar lagi.
Minimal, ITB menjadi perguruan tinggi terbesar dan berpengaruh di Asia. Karena, kalau hanya terbesar di Indonesia saja, sejak dulu juga sudah begitu serta ingin melihat bangsa Indonesia maju dihormati bangsa lain.

‘’Saya pun masih memiliki obsesi pribadi. Keinginan saya adalah ingin melakukan penelitian tentang pesawat terbang yang menjadi spesialisasinya Aeronotika dan Astronotika, perminyakan, dan biomekanik,’’ kata pemenang penghargaan VNO-NCW Scholarship dari Dutch Chamber of Commerce itu yang punya kebiasaan shalat lima waktu di masjid.

Dr. Yogi Ahmad Erlangga, sekarang Dosen di Alfaisal University, Riyadh, Arab Saudi ini mendapat julukan Habibie Muda karena penemuannya yang spektakuler di bidang matematika. Kehadiran Dr. Yogi Ahmad Erlangga yang bersedia berkarya di Alfaisal University, Riyadh, Arab Saudi juga merupakan kebanggan tersendiri bagi Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi.

Dulu, BJ Habibie menemukan rumus yang mampu mempersingkat prediksi perambatan retak hingga mendapat julukan Mr. Crack. Banyak industri penerbangan di berbagai negara memakai rumus penemuan Habibie tersebut, termasuk NASA di Amerika, kini, Dr. Yogi Ahmad Erlangga meneruskan kehebatan Habibie dengan menemukan dan memecahkan rumus persamaan Helmholtz.

Selamat kang Yogi dan Jayalah Indonesia(Hanya di Indonesia)

Tarian terpanjang di dunia ada di Ternate

Add Comment
Tarian terpanjang di dunia ada di Ternate - Museum Rekor Indonesia (MURI) menyatakan kekagumannya atas semangat pelajar di Ternate, Maluku Utara, yang menari tarian soya-soya sepanjang 42 kilometer merupakan tarian terpanjang di dunia.

Senior Manager MURI, Paulus Pangka, di Ternate, Senin, mengatakan, tarian soya-soya yang diestafetkan ini berhasil memecahkan rekor baru di museum rekor ini sebagai tarian terpanjang dan baru pertama kali terjadi Indonesia.

Tari ini diilhami gerak harmonis burung langka yang eksotik khas kepulauan setempat saat dia memasuki musim kawin. Burung ini tidak tiap saat bisa dilihat manusia karena ada waktu tertentu dan lokasi tertentu.



"Pada Minggu kemarin, MURI mencatat ada rekor baru dan bukan hanya memecahkan rekor MURI tapi memecahkan rekor dunia baru yaitu pergeralaran tari soya-soya secara ekstafet terpanjang dan mengelilingi gunung Gamalama dan ini baru pertama kali terjadi di Indonesia bahkan dunia," katanya.

Sebagai rekor baru dunia, kata Pangka, selama ini di dunia belum pernah ada orang melaksanakan tarian mengelilingi satu pulau, tetapi baru kali ini dilakukan di Kota Ternate.

Bagi MURI, ini catatan rekor ke 6.902 dengan kriteria super latih atau yang paling panjang sepanjang 42 kilometer, sejarak hampir sama dengan lintasan marathon, yang dimulai di depan Kantor Walikota Ternate hingga depan kawasan Daulasi.

Selain dipenuhi penarinya, ribuan penduduk setempat dari berbagai usia dan kalangan tumpah-ruah.

Sejumlah warga kota Ternate memberikan apresiasi atas kegiatan Soya-Soya Kololi Kie 2015 ini.(Hanya di Indonesia)

Khatibul Umam selalu bawa pete atau jengkol setiap keluar kota

Add Comment
Khatibul Umam selalu bawa pete atau jengkol setiap keluar kota -  Gampang kok ngilangin aroma tak sedap sehabis makan pete atau jengkol, minum saja kopi, dijamin hilang aroma tak sedap itu...."
Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Khatibul Umam Wiranu saat melakukan kunjungan kerja sebagai anggota DPR RI, tidak akan lupa membawa makanan kesukaannya.

Apa makanan kesukaan anggota Komisi VIII DPR RI itu? Pete atau jengkol


"Saya penggemar pete dan jengkol. Selalu saya bawa bila ke luar kota. Istri selalu sediakan dan sudah menaruhnya dalam tas saya," kata Khatibul Umam Wiranu saat bincang-bincang ringan dengan ANTARA News, Jakarta, Senin.

Kegemarannya pada pete dan jengkol sudah sejak kecil. Karena di belakang rumahnya di Desa Jombor, Kec Cilongok, Kab Banyumas, Jawa Tengah terdapat pohon pete dan jengkol.

"Bapak saya nanam pohon pete dan jengkol di belakang rumah. Keluarga saya juga suka jengkol dan pete. Jadi sejak kecil saya dah terbiasa makan pete dan jengkol," tutur Umam.

Lalu bagaimana Umam Wiranu yang sekarang menjadi anggota DPR RI, yang sekarang berkantor di Gedung DPR RI, menjadi pejabat negara dan bertemu banyak orang? Apakah kesukaannya terhadap pete dan jengkol hilang begitu saja. Tidak. Bahkan ia berburu pete atau jengkol ke pasar pagi yang ada di Depok bersama istri tercinta.

"Hari Sabtu atau Minggu pagi, saya pergi sama istri ke pasar pagi Depok, Beji. Saya beli pete dalam jumlah banyak dan jengkol. Terlebih saat mau ke luar kota. Kalau hari biasa, misalnya makan siang di kantor (Gedung DPR RI), saya pesan kepada staf saya agar ada pete atau jengkol," sebutnya.

Pria yang mampu menghabiskan sekitar 20 papan pete dalam seminggu itu tidak peduli dengan aroma tak sedap yang dikeluarkan dari mulut ataupun urine setelah makan pete atau jengkol meskipun dirinya akan bertemu dengan dengan banyak orang.

"Gampang kok ngilangin aroma tak sedap sehabis makan pete atau jengkol, minum saja kopi, dijamin hilang aroma tak sedap itu. Makanya saya tidak pusing setelah makan pete atau jengkol karena penawar aroma tak sedap itu hanya kopi. Kopi menghilangkan segala aroma tak sedap. Kalau di rumah, istri dah tahu apa yang harus dikerjakan kalau saya makan pete atau jengkol, menyiram kloset dengan cairan kopi," kata Umam.

Untuk pete sendiri, politisi Partai Demokrat itu lebih senang makan mentah, tanpa diolah (digoreng atau digulai). Sedangkan untuk jengkol, ia lebih memilih jengkol yang sudah dikeprek/ditumbuk sehingga menjadi pipih.

"Pete itu paling enak dimakan mentah, tidak diolah. Setelah itu, makan sedikit kulitnya sebagai penetralisir. Kalau makan durian, makan saja bijinya sedikit, untuk penetralisir agar tidak pusing atau sebagainya," kata Umam.

Hingga sekarang, Umam mengaku tidak ada masalah dengan kesehatanya sama sekali. "Orang-orang pada takut makan jengkol karena bisa jengkolan (urine berwarna keruh dan saluran kemih merasa sakit saat buang air kecil karena kebanyakan makan jengkol). Alhamdulillah, hingga saat ini, tidak masalah," pungkas mantan politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu.(Hanya di Indonesia)

MURI nobatkan laksa ikan terbanyak di Bogor

Add Comment
MURI nobatkan laksa ikan terbanyak di Bogor - Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menobatkan Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan Direktorat Jendral Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai pemecah rekor 1.500 sajian laksa ikan Cibinong terbanyak di dunia.



"Penghargaan rekor MURI baru pertama di bidang kuliner Kabupaten Bogor dengan menyiapkan 1.500 porsi untuk dimakan saat acar puncak Hari Jadi Bogor ke-533 tahun," kata Bupati Bogor, Nurhayanti di Cibinong, Minggu.

Usai menerima penghargaan dari Manajemen MURI, ia mengatakan apa yang dilakukan Pemkab Bogor bisa menjadi inspirasi bagi semua pihak, khususnya untuk masyarakat bisa menikmati dan melesatarikan makanan khas laksa dengan toping ikan Kabupaten Bogor.

"Bukan hanya sebagai pelestarian tetapi saya mengajak masyarakat untuk rajin mengkonsumsi ikan setiap hari," katanya.

Dalam rangka HJB ke-533, Pemkab Bogor mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pusat untuk mengajak masyarakat makan ikan agar sehat, kuat dan cerdas.

Selain menyajikan laksa ikan terbanyak pada puncak acara HJB ke-533 di Kabupaten Bogor. Pemkab Bogor juga menggelar festival seni dan budaya, pameran batu akik dan musik hiburan untuk rakyat di lapangan tegar beriman.

Ia mengatakan pada kesempatan HJB ke-533 di Kabupaten Bogor, Kementerian Kelautan dan Perikan juga mendapatkan rekor MURI sebagai penjaul ikan terbanyak.

"Itu menandakan pasokan ikan di Kabupaten Bogor banyak," katanya.

Ia berharap makan laksa toping ikan bisa menjadi ikon kuliner Kabupaten bogor. Serta mengajak masyarakat untuk terus melestarikan kuliner 40 kecamatan di Kabupaten Bogor.

Pada acara puncak HJB ke-533 tahun di Kabupaten Bogor juga menggelar gelar jalan santai, konvoi sepeda ontel dan parade kesenian tradisional.

"Semoga dengan HJB ini, seni dan budaya tradisional Kabupaten Bogor bisa terus lestari," katanya.

Ia berharap melalui kegiatan itu ke depan bisa menarik minat wisatawan lokal dan internasional datang ke Kabupaten Bogor. Karena Kabupaten Bogor bukan hanya memiliki wisata alam yang asri tetapi budaya dan seni tidak bisa dipisahkan pelestarian alam di Kabupaten Bogor.(Hanya di Indonesia)

Miryam S Haryani dan bantal usia 40 tahun

Add Comment
Miryam S Haryani dan bantal usia 40 tahun - Miryam S Haryani, anggota Komisi V DPR RI, punya bantal yang selalu dibawa termasuk jika ke luar negeri.

"Saya tidak bisa tidur kalau tidak ada bantal ini," ujar Miryam  kepada ANTARA News di Gedung DPR RI, Jumat.



Bantal istimewa bagi Miryam itu menurut dia adalah warisan dari orang tua dan umur bantal itu seumur dengan dirinya yang saat ini berusia 40 tahun.

"Bantal ini tidak boleh dicuci, tidak boleh dijemur. Warna awalnya, kata ibu saya adalah putih, tapi sekarang sudah coklat. Karena sudah lama, saya namai bantal bau," katanya lalu tersenyum.

"Bantal bau" itu selalu dibawanya kemana-mana, termasuk ke luar negeri sekalipun. Bantal itu tidak pernah ketinggalan. Kalaupun kelupaan, anaknya selalu mengingatkan.

"Saya suka bawa bantal bau itu kemanapun, keluar kota, ke luar negeri. Saya masukkan dalam tas dan saat mau tidur di hotel saja saya keluarkan," kata wanita kelahiran 1 Desember 1973 itu.

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VIII ini juga mengatakan, saat bersama keluarga berlibur, bantal bau itu juga dibawa. Tak jarang, terjadi rebutan dengan anak untuk bisa menggunakan bantal bau tersebut.

"Kalau liburan, sudah deh, rebutan sama anak saya soal bantal bau itu. Akhirnya saya mengalah," kata Miryam.(Hanya di Indonesia)

Bayi kembar lima dapat banyak usulan nama

Add Comment
Bayi kembar lima dapat banyak usulan nama - Bayi kembar lima dari pasangan Hari Saputra dan Nia Rahmawati warga komplek perumahan TNI AL Kenjeran Kota Surabaya yang lahir di RSUD Soetomo pada 19 Juni 2015 mendapat banyak usulan nama dari warga Jawa Timur.

"Ada seorang warga Sidoarjo bahkan sampai mengirim surat yang diantar khusus oleh anaknya berisi pilihan nama-nama untuk bayi kami," kata ayah dari bayi kembar lima, Hari Saputra saat jumpa pers di RSUD Soetomo, Selasa.



Menurut dia, dari usulan-usulan tersebut lantas tersusun beberapa nama untuk anak-anak mereka. Anak pertama laki-laki diberi nama Rizky Ramadhan Pratama, kemudian empat yang perempuan diberi nama Anisa Ramadhani Putri, Anindia Ramadhani Putri, Anindita Ramadhani Putri, dan Naisa Nala Deva Ramadhani.

"Nama-nama ini dari usulan masyarakat dan keluarga," kata Nia.

Diketahui pasangan Hari Saputra dan Nia Rachmawati telah memiliki anak kembar lima yang lahir pada Jumat 19 Juni 2015. Lima anak ini merupakan hasil inseminasi di Klinik Fertilitas RSU dr Soetomo Surabaya yang dimulai sejak Oktober 2014.

Setelah lima minggu proses inseminasi diketahui janin ternyata kembar lima. Kehamilan di usia 6 minggu sudah diketahui kembar lima. Meski kondisinya lemah, Nia sangat kuat untuk bertahan sampai usia kandungan 7 bulan dua minggu. Baru pada Jumat (19/6) dilakukan operasi cesar karena ditakutkan membahayakan bayi dan ibu bayi.

Lima bayi kembar yang lahir di RSU dr Soetomo Surabaya ternyata bukan kembar monozigotik (kembar identik). Sebaliknya, bayi dengan jenis kelamin satu laki-laki empat perempuan itu merupakan kembar dizigotik (dikenal sebagai kembar non-identik) karena zigot-zigot yang terbentuk berasal dari sel telur yang berbeda.

Kepala Divisi Fertilitas dan Endokrinologi Reproduksi Departemen Obstetri-Ginekologi (obgin) RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Relly Yanuari Primariawan, Sp.OG menjelaskan, lima bayi ini kembar dizigotik karena pada saat proses inseminasi, terdapat lebih dari satu sel telur yang melekat pada dinding rahim yang dibuahi oleh sel-sel sperma pada saat yang bersamaan.

"Saat jutaan sperma dilepaskan ke rahim, sel sperma akan berlomba memenangkan sel telur. Kebetulan dalam kasus bu Nia ini, sel telurnya lebih dari satu yang matang, maka bisa dibuahi lebih dari satu. Dikatakan kembar karena dalam kandungan dan lahir bersama," katanya.

Kembar dizigotik ini hasilnya tidak identik atau sama baik rupa, bentuk wajah dan warna kulit. Meski, mereka dapat memiliki jenis kelamin yang berbeda atau sama.

Sebaliknya, kata Relly, kembar monozigotik disebabkan oleh satu sel telur yang dibuahi sperma, kemudian mengalami pembelahan sel. Apabila pembelahan sel sempurna, maka kembar juga akan terjadi sempurna.

"Kalau pembelahan sel tak sempurna akan terjadi kembar siam (dempet)," katanya.(Hanya di Indonesia)

Tebingtinggi catat rekor MURI makan soto terbanyak

Add Comment
Tebingtinggi catat rekor MURI makan soto terbanyak - Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara berhasil menciptakan rekor dalam catatan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penyelenggara makan Soto terbanyak, dengan 3.512 porsi.

Piagam rekor MURI tersebut diterima langsung Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan.Minggu, di Lapangan Merdeka Tebingtinggi, usai pencatatan rekor.



Dalam kesempatan itu Umar Zunaidi mengatakan rekor MURI tersebut diperuntukan bagi warga Tebingtinggi, sekaligus memperkenalkan Kota Tebingtinggi ke seluruh nusantara, bahwa kota itu juga punya makanan khas soto.

Kegiatan tersebut juga diharapkan akan menunjang semakin baiknya pertumbuhan Tebingtinggi sebagai kota sasa khususnya dibidang kuliner,sekaligus menumbuhkan perekonomian para pengusaha di daerah itu.

Ikut berpartisipasi dalam pencatatan rekor MURI tersebut 35 pengusaha dan penjual nasi soto yang ada di Kota Tebingtinggi, dan setiap pengusaha melayani 100 porsi soto yang disajikan kepada berbagai elemen masyarakat.

Sebelum acara pengumuman Rekor MURI tersebut, sejak jam 06 pagi dimulai dengan lounching Car Free Day yang dibuka secara resmi oleh Wakapol Sumut Brigjen Pol Ilham Salahudin.

Acara dilanjutkan dengn Colour Run dan gerak jalan santai yang diikuti 10 ribuan warga mengelilingi seputar Kota Tebingtinggi dengan titik start dan finis di jalan Sutomo depan lapangan Merdeka.

Kegiatan yang digelar dalam rangka HUT Tebingtinggi 98, Bhayangkari 69, Adyaksa 55 dan sekaligus menyambut HUR-RI ke 70 itu juga dirangkai dengan peletakan batu pertama pembangunan kantor Sabhara Polres Tebingtinggi.

Wakapolda berharap dengan dimulainya pembangunan gedung kantor Sabhara itu nantinya akan semakin baiknya Polres Tebingtinggi dalam mengayomi dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.(Hanya di Indonesia)