Hewan Langka di Indonesia

Hewan Langka di Indonesia - Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam jenis dan spesies hewan, bahkan ada beberapa hewan yang merupakan hewan hewan asli dari indonesia atau endemik yang artinya hewan tersebut hanya ada di suatu wilayah tertentu dan tidak di temukan di daerah lain.

Tetapi sangat di sayangkan ada beberapa hewan asli indonesia yang sudah punah yang di akibatkan oleh kondisi alam dan juga karena perbuatan kurang terpuji manusia.

Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara yang baik ikut melestarikan hewan hewan langka yang keberadaannya semakin terancam, Bagi kamu yang belum tahu Apa saja hewan langka yang dilindungi silahkan simak slengkapnya pembahasan tentang Gambar Hewan hewan Langka di indonesia.

1. Orang utan kalimantan, memiliki nama latin Pongo pygmaeus
Hewan ini merupakan hewan asli indonesia yang berasal dari pulau kalimantan, mempunyai ciri khas  rambut berwarna orange yang cukup panjang jika dibandingkan dengan jenis kera lain. eperti kebanyakan primata orang utan mempunyai makanan utama buah-buahan.

2.  Badak Jawa atau badak bercula satu, memiliki nama latin Rhinoceras Sundaicus
Hewan ini juga merupakan asli dan endemik dari indonesia yang jumlahnya sangat sedikit dan merupakan hewan yang dilindungi oleh undang-undang. Badak jawa merupakan hewan yang hampir punah karena jumlahnya yang sedikit hal ini di sebabkab karena perkembangbiakan badak jawa yang lambat. Rumah tinggalnya ada di hutan lindung ujung kulon.

3. Badak bercula Dua atau badak sumatra, memiliki nama latin Dicerorhinus Sumatrensis
Secara bentuk tubuh binatang ini mirip dengan badak jawa hanya yang membedakan ia memiliki dua buah cula. Badak bercula dua merupakan hewan yang berasal dari pulau sumatra.

4. Harimau Sumatera, memiliki nama latin Panthera Tigris Sumatrae

Hutan di pulau sumatra merupakan habitat ali harimau sumatra, sayang karena maraknya ilegal logging keradaan habitat asli harimau ini juga semakin terancam.

5. Anoa, mempunyai nama latin Bubalus Depressicornis
Hutan-hutan di wilayah pulau sulawesi merupakan habitat asli dari anoa.

6. Burung Elang Jawa, mempunyai nama latin  Spizaetus Bartelsi
Diperkirakan jumlah populasinya di alam liar hanya tinggal 250 ekor saja. Tersebar hampir merata di wilayah hutan di pulau jawa.

7.  Singapuar, mempunyai nama latin Tarsius Bancanus
Hewan ini merupakan primata dengan ukuran tubuh paling kecil di dunia karean berat tubuhnya hanya 80 - 145 gram saja. Singapuar memiliki ukuran bola mata yang sangat besar yang sangat bermanfaat untuk melihat di malam hari, jika di lihat ukuran bola matanya memang tidak sebanding dengan ukuran tubuhnya.

8. Burung Jalak Bali
Mempunyai bulu putih yang indah dan juga suara kicauannya yang merdu membuat burung jalak bali menjadi incaran para pemburu di alam liar yang membuat jumlahnya semakin sedikit. Seperti namanya burung ini bearasal dari pulau dewata atau pulau Bali.


9. Bekantan
Hutan-hutan di wilayah pulau kalimantan merupakan habitat hidupnya, primata ini memiliki hidung yang besar dan menonjol yang menjadi ciri khas dari bekantan.

Semoga tulisan ini membuat kita semakin cinta dan bangga menjadi salah satu warga negara indonesia, negara yang memiliki beraneka ragam jenis flora dan fauna. Terima kasih saya ucapka untuk anda karena telah membaca artikel tentang Gambar Hewan hewan Langka di indonesia.(Hanya di Indonesia)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »