Istana Bogor Kok Banyak Patung Telanjangnya?

Istana Bogor Kok Banyak Patung Telanjangnya? Tercatat ada sekitar 360 patung di Istana Bogor, Jawa Barat. Sebagian besar dari patung tersebut merupakan patung telanjang.

Untuk orang yang tidak memiliki naluri seni, tentu akan risih ketika berkunjung ke Istana Bogor. Sebab di sana banyak sekali patung-patung yang dibuat dalam kondisi tanpa busana alias telanjang. Saat ada acara tertentu, patung-patung telanjang tersebut ditutupi kain agar tamu-tamu yang datang tidak risih melihatnya. Namun bagi yang mengerti seni, patung-patung tersebut ternyata merupakan karya bernilai tinggi.



Ada sekitar 360 patung yang menghiasi Istana Bogor. Patung-patung tersebut dibuat oleh para seniman ternama baik dari dalam maupun luar negeri. Sebagian termasuk karya yang langka dari maestro dunia. Salah satunya adalah patung Little Mermaid karya seniman Edward Eriksen. Patung putri duyung bertelanjang dada tersebut tengah duduk di atas batu menghadap kolam ikan. Letaknya tak jauh di depan Istana Bogor.

Menurut keterangan salah satu staf Istana Bogor, Sabtu (21/2) patung Little Mermaid hanya ada tiga buah di dunia. Satu buah berada di Kota Kopenhagen yang dibuat menghadap langsung ke arah laut. Satu buah lagi berada di Denmark yang dibuat pada tahun 1913 dan menjadi ikon negara tersebut. Kemudian satu lagi adalah di Istana Bogor yang bisa dilihat dari Kebun Raya Bogor. Konon, patung yang diadaptasi dari kisah The Little Mermaid karya Hans Christian Anderson ini menjadi patung paling banyak difoto wisatawan di Denmark. Ada lebih dari 5 juta foto tiap tahunnya di sana.

Selain Little Mermaid masih banyak lagi patung-patung wanita telanjang lainnya di Istana Bogor. Bahkan begitu memasuki gedung utama, sudah disambut oleh patung tanpa busana yang menggambarkan kemolekan tubuh seorang wanita. Di halaman utama ada patung wanita yang katanya dikirim langsung dari Beograd, Yugoslavia, sebagai sumbangan Presiden Josep Bross Tito untuk Soekarno. Masih di sekitaran halaman istana, terlihat pula patung wanita dengan sepasang payudara yang menonjol sedang menyisir rambut. Patung tersebut diberi nama Patung Menyisir Rambut karya Struble dari Hongaria.

Yang tak kalah menarik adalah Patung Denok yang terletak di belakang istana. Patung batu tanpa busana ini merupakan karya seniman lokal dari Solo bernama Trubus. Patung yang terinspirasi dari lukisan Ernest Dezentje ini mengambil wajah cantik anak pegawai istana. Soekarno sangat menyukai wanita tersebut hingga dibuatlah patung dalam bentuk wanita sedang jongkok sambil menoleh ke kanan.

Selain patung wanita, adapula berbagai patung laki-laki juga tanpa busana. Misalnya patung karya Patzay Pal dari Budapest. Patung lelaki telanjang yang terletak di belakang istana ini digambarkan sebagai seorang lelaki pemberani yang sedang melawan ular. Ada pula patung Hercules yang dibuat oleh seniman dari Polandia. Patung yang digambarkan sedang memegang busur panah tersebut juga terpampang tanpa baju dan celana.(Hanya di Indonesia)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »